header
Kamis, 25 Maret 2021 - 01:23:11 WIB
Mekanisme Pengajuan KIP Kuliah UNS
-Dibaca: 918 kali

Kami sampaikan bagi yang lulus seleksi sebagai calon mahasiswa baru angkatan 2021/2022 yang sudah terdaftar di laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan status berkas lengkap dapat mengajukan dan melakukan registrasi online di laman https://siakad.uns.ac.id pada menu ondesk mahasiswa baru. 

  1. Pilih Ajukan KIP-K 
  2. Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  3. Cek Ajuan KIPK, jika NIK dan NISN sesuai dengan data di laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id maka akan tercantum data peserta KIP Kuliah yaitu : Nomor Pendaftaran KIP Kuliah, Nama dan Tanggal Lahir
  4. Setelah itu Ajukan KIPK
  5. Unggah berkas


Kendala dan Solusi pendaftaran KIP Kuliah
NISN tidak terdaftar
Beberapa kemungkinan yang menyebabkan NISN tidak terdaftar:
  1. siswa tersebut memiliki NPSN yang berbeda dengan sekolah pengusul karena jenjang sekolah masih jenjang SMP pindah sekolah tetapi NPSN belum di-update.
  2. siswa tersebut bukan lulusan 2019, 2020 atau 2021
Solusi: melakukan update data ke Dapodik, Kemendikbud (link dapat diakses di headline web KIP Kuliah)

NIK tidak sesuai dengan Identitas pastikan kembali NIK Anda 
Apabila saat proses pendaftaran NIK yang diinputkan oleh siswa berbeda dengan NIK yang tercatat di DAPODIK Kemendikbud. Mohon berkoordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing untuk melakukan perbaikan data tesebut di DAPODIK Kemendikbud.
Bagi siswa lulusan tahun 2019 dan 2020 silahkan bisa lakukan pengajuan perbaikan di Verval Lulusan di alamat http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan